Sketsa di Sebuah Laboratorium Terkenal


Setelah membaca penelitian Denisova 2, dan menemukan beberapa ketidaksesuaian, saya mulai membaca kembali penelitian tentang Denisova 3, 4, 5, 8 dan 11, untuk lebih memahami hasil penelitian Denisova 2. Ternyata lebih membingungkan jika semua penelitian itu dibandingkan satu sama lain, padahal mereka berasal dari satu laboratorium, dan menggunakan teknologi yang sama, bahkan sample yang sama. Dan jika dibikin sebuah sketsa, kira-kira situasinya seperti di bawah. Just for fun!

Settings: Dalam sebuah pertemuan di lab yang terkenal, para peneliti sedang mendiskusikan temuan terbaru mereka (Nama peneliti mengikuti nama temuan, sesuai dengan paper yang ada). Setelah berjam-jam berdebat seru tentang penentuan perbedaan mutasi antar spesimen yang ada, mereka kembali mendiskusikan umur spesimen hasil penelitian masing-masing.

Kepala laboratorium (KaLab): Rekan-rekan, berhubung banyak publikasi paper di luar yang menarik terkait asal-usul manusia modern, kita perlu mengkonsolidasikan hasil penelitian lab ini. Karena hasil lab ini sangat penting, menjadi rujukan berbagai penelitian tentang asal-usul manusia modern. Laporkan temuan Anda.

Peneliti Denisova 2 (Den2): Umur Denisova 2 kira-kira 20,6-37,7 ka lebih tua dari Denisova 8, dan 54,2-99,4 ka lebih tua dari Denisova 3. Dengan temuan ini, manusia Denisova dipastikan menghuni gua tersebut selama 200 ribu tahun, sesuai dengan lapisan terbawah saat ini 22.1

KaLab: Berapa umur Denisova 8?

Peneliti Denisova 8 dan 4 (Den8-4): Itu dia, umurnya tergantung umur Denisova 3! Jika memakai asumsi umur Denisova 3 adalah 50 ka, umurnya 177 ka. Jika asumsi umur Denisova 3 adalah 100 ka, maka umurnya 226 ka.

KaLab: Mengapa begitu? Memang berapa umur Denisova 3?

Peneliti Denisova 3 (Den3): tulang jari ditemukan dalam lapisan (lapisan 11) kira-kira berumur 30-48 ka, dimana kumpulan yang mengandung unsur Palaeolitik Atas dan Tengah pernah dilaporkan. Umur molekuler sepertinya lebih tua, sekitar 40-50 ka?

Peneliti Sima yang juga mengerjakan Denisova 3: Apakah Anda yakin, Den3? Saya menganalisis seluruh genomnya, pemendekan cabang Denisova 3 memungkinkan tulang tersebut berumur tentatif antara 74-82 ka, secara umum sesuai dengan pertanggalan arkeologi.

Den3: Pertanggalan yang mana? Lapisan 11.2 sekitar 50-54,2 ka. Pertanggalanmu terlalu tua.

Peneliti Sima: (hanya mengangkat bahu)

KaLab: Tenang, rekan-rekan!

Peneliti Denisova 5 (Den5): Saya menemukan umur Denisova 3 antara 50-54 sampai 100-109 ka. Tapi itu sudah lama sekali. Oh ya Den2, perbedaan mutasi Denisova 3 dan populasi highlander PNG 385.

Den2: Banyak amat? Saya cuma menemukan 354 dari Denisova 2 dan perbedaan Denisova 3 dan 2 hanya 72. Berdasar “substitusi yang hilang” dalam genom keseluruhan relatif terhadap manusia saat ini, umur Denisova 3 antara 48-60 ka. Saya mendapat estimasi umur Denisova 2 sekitar 150.8 ka (Lapisan 22.1).

Den5: Oh, sepertinya saya perlu update. Sudah terlalu lama jauh dari lab. Tapi itu lapisan 22.1 terlalu muda, kita sudah mengeluarkan statement, Denisova dihuni sejak lebih dari 200 ka.

Den8-4: Saya menghitung Denisova 2 sekitar 230 ka. Mengapa jadi membingungkan? Umur mana yang harus kita gunakan? Bukankah kita semua menggunakan sampel dan teknologi sequencing yang sama? Haruskah saya mendasarkan analisis saya dari data Den3, atau data Den5?

Peneliti baru yang menggunakan Denisova 11 (actDen11): Saya tidak tahu tentang masalah kalian, karena saya baru bergabung. Tapi temuan saya, Denisova 5 berumur sekitar 130 ka, dan Denisova 11 adalah sekitar 88 ka. Kenapa umur Lapisan 11 menjadi 30-48 kya?

Peneliti utama Denisova 11 (Den11): Dude, itu penelitian saya! Jangan sembarangan!

Den2: Bagaimana Lapisan 12.3 lebih muda dari Lapisan 11.4? Saya ikut membantu Den11!

Den5: Hum…, saya menemukan Lapisan 11.4 berada di antara 88-172 ka. Saya pikir masih dalam rentang yang benar.

Den8: Jadi bagaimana? Denisova 8 dan 4 tergantung Denisova 2 dan 3. Haruskah kita ulang semuanya dengan perhitungan memakai teknologi terbaru?

Den2: Iya, perhitungan Denisova 2 sangat tergantung pada keakuratan umur Denisova 3. Saya masih punya beberapa data fosil yang menunggu untuk dianalisis (Denisova di Lapisan 15, dan beberapa Neandertals di Lapisan 14-19). Bagaimana ini?

KaLab: Baiklah, karena tidak ada konsensus di antara kita. Den3, coba kamu pastikan umur spesimenmu. Den5 dan pendatang baru, coba bantu Den3. Den2 dan Den11 kalian tetap bekerja sama untuk mempersiapkan spesimen baru. Den8-4, kamu boleh bantu Den2 atau Den3. Kita istirahat sejenak! (Ungkapan ‘sejenak’ di lab ini bisa berarti beberapa tahun)

 

Bagus jika Anda tidak frustrasi dengan hasil ini, karena saya frustrasi!

Referensi:

Denisova 3: The complete mitochondrial DNA genome of an unknown hominin from southern Siberia (Krause et al. 2010)

Denisova 3: A High-Coverage Genome Sequence from an Archaic Denisovan Individual (Meyer et al. 2012)

Denisova 5: The complete genome sequence of a Neanderthal from the Altai Mountains (Prüfer, K. et al. 2014)

Denisova 8 dan 4: Nuclear and mitochondrial DNA sequences from two Denisovan individuals (Sawyer et al. 2015)

Denisova 11: Identification of a new hominin bone from Denisova Cave, Siberia using collagen fingerprinting and mitochondrial DNA analysis (Brown et al. 2016)

Denisova 2: Neandertal and Denisovan DNA from Pleistocene sediments (Slon et al. 2017)

Peneliti yang baru bergabung dengan Lab: Deeply divergent archaic mitochondrial genome provides lower time boundary for African gene flow into Neanderthals (Posth et al. 2017)

Denisova 2: A fourth Denisovan individual (Slon et al. 2017)

Tinggalkan Balasan

